Sabtu, 20 Januari 2007 | By: Eka

[Review] Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

#11
Judul Asli            : Bibbi Bokkens magische Bibliothek
Judul Indonesia   : Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Penulis                : Jostein gaarder dan Klaus Hagerup
Penerjemah        : Ridwana Saleh
Penerbit             : PT. Mizan Pustaka
Tahun Terbit       : Mei, 2006 (Cetakan 1)
ISBN                : 979-433-415-4
Dimensi             : 11,5 x 17 x 1,2 cm
Tebal                 : 294 hlm
Cover               : Softcover

Ketertarikan akan buku ini bermula ketika membaca sinopsis di bagian belakang sampul buku ini. Dalam sinopsis tersebut tertulis bahwa buku ini berisi cerita detektif, cerita misteri, perburuan harta karun, petualangan ala Lima Sekawan. Namun, ketika memulai membacanya saya agak kecewa karena ternyata isi cerita buku ini tidak semenarik kisah Lima Sekawan. Bahkan cenderung membosankan.

Buku ini berisi cerita dua saudara sepupu, Nils & Berit, yang saling berkirim surat menggunakan sebuah buku yang mereka sebut sebagai 'buku-surat'. Hampir sebagian besar isi buku ini merupakan isi buku-surat tersebut.

Buku ini hanya terdiri dari dua bab, yaitu buku-surat (Bab 1) dan perpustakaan (Bab 2). Bab 1, sesuai namanya, merupakan isi buku-surat milik Nils & Berit. Dalam buku-surat tersebut Nils & berit saling berkirim cerita tentang keseharian mereka, terutama tentang hasil penyelidikan atau lebih tepatnya imajinasi dan fantasi mereka tentang wanita misterius bernama Bibbi Bokken. Bagian ini sangat monoton dan membosankan. Tidak ada petualangan seperti yang dijanjikan tetapi hanya kisah imajinasi Nils & Berit.

Berbeda dengan Bab 1, Bab 2 cenderung lebih menarik dan tidak terlalu membosankan. Unsur petualangan dapat ditemukan pada bab ini meskipun hanya sedikit. Paling tidak dapat mengobati sedikit kekecewaan terhadap Bab 1. Bab 2 ini berisi jawaban atas teki-teki dan rasa penasaran Nils & Berit terhadap Bibbi Bokken.

Meskipun secara keseluruhan buku ini kurang menarik dan membosankan, buku ini tetap memberi sedikit wawasan mengenai dunia perbukuan dan perpustakaan, seperti cara klasifikasi Dewey.


Bandung, Januari 2007

0 komentar:

Posting Komentar