Minggu, 12 Juli 2015 | By: Eka

[Resensi] Kasongan - Tanah Ajaib Itu Bernama Gerabah

#36
Judul             : Kasongan
                       Tanah Ajaib Itu Bernama Gerabah
Penulis          : Satmoko Budi Santoso
Penerbit        : DIVA Press
Tahun Terbit : Mei 2012
ISBN             : 978-602-7641-36-5
Tebal             : 400 hlm
Dimensi        : 20 x 14 cm
Cover            : Softcover

Buku berjudul Kasongan ini ditulis oleh Satmoko Budi Santoso seorang wartawan majalah seni rupa nasional Visual Arts untuk Yogyakarta. Buku ini menceritakan kehidupan masyarakat di Desa Wisata Gerabah Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam buku ini, penulis mampu menggunakan kejadian nyata bahkan fenomena alam yang benar-benar terjadi di desa Kasongan sebagai unsur latar belakang peritiwa fiksi yang terjadi. Sehingga, buku ini mampu menggambarkan suasana kehidupan masyarakat di daerah pedesaan yang sarat akan konflik sosial masyarakat dengan begitu rinci. Namun sayangnya, alur cerita dalam buku ini tidak begitu jelas dan hanya berupa kumpulan reportase kehidupan masyarakat desa Kasongan. Bahkan, dapat dikatakan bahwa buku ini tidak dapat disebut sebagai sebuah novel, meskipun dalam cover buku ini dicantumkan tulisan “Sebuah Novel”.

Secara keseluruhan, buku ini mampu menggambarkan kehidupan masyarakat pedesaan yang kental akan kearifan lokal. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa ketika membaca buku ini terasa sangat membosankan.

Yogyakarta, 12 Juli 2015

0 komentar:

Posting Komentar